PERCOBAAN 7

 

PERCOBAAN 7

3DS MAX

 

 

1.         Tujuan                       :  Agar Bintara Mahasiswa menguasai program 3DS Max.                                

 

2.         Alat dan Bahan       : 

 

a)    Laptop; dan

b)    3DS Max.

 

3.         Dasar teori               :

 

a.         Pengertian-pengertian.

 

1)            3DS Max

 

3D Studio Max adalah sebuah perangkat lunak grafik vektor 3-dimensi dan animasi, ditulis oleh Autodesk Media & Entertainment dulunya dikenal sebagai Discreet and Kinetix. Perangkat lunak ini dikembangkan dari pendahulunya 3D Studio fo DOS, tetapi untuk platform Win32 YANG berbasis Windows. Merupakan software aplikasi 3 dimensi yang banyak digunakan dalam pembuatan film animasi 3 dimensi maupun finishing object (rendering/hasil akhir kerja 3ds MAX) baik untuk keperluan

film, iklan, arsitektural (interior dan exterior design secara realistik dan aktratif), dan kegunaan lainnya yang berhubungan dengan pembuatan objek animatif. Hasil akhir 3ds MAX adalah file dalam bentuk JPEG (single) maupun AVI (animation). Animasi dan efek 3 dimensi (pengaturan cahaya, animasi kamera, tekstur, dan pemilihan material) memberikan kesan riil pada objek yang dibuat.

Keunggulan lain yang dimiliki  3ds MAX Mampu memberikan kesan material mendekati aslinya seperti material kayu, batuan, dan tanah. Mampu memberikan efek-efek khusus pada hasil akhir produk seperti efek cahaya dan bayangan, efek atmosfir seperti api, kabut dan lighting.

1)       Box

 



Box merupakan fasilitas untuk membentuk kubus/kotak yang dihasilkan oleh parameter :

Length           : menentukan ukuran Panjang

Width              : menentukan ukuran lebar

Height            : menentukan ukuran tinggi

Length segs  : menentukan jumlah segmen pada sisi panjangnya

Width segs    : menentukan jumlah segmen pada sisi lebarnya

Height segs   : menentukan jumlah segmen pada sisi tingginya

 

2)            Sphere




Sphere merupakan fasilitas objek yang menghasilkan bentuk bola, dengan parameter pembentuknya adalah :

Radius          : menentukan ukuran besaran objek yang menghasilkan bentuk bola

Segments     : menentukan jumlah segmen dari permukaan bola

Smooth          : menentukan tingkat kehalusan pada permukaan bola

Hemisphere  : berfungsi mengatur pemotongan Sebagian dari objek bola

 

3)            Cone



Cone merupakan fasilitas objek yang pada prinsipnya sama dengan Cylinder, tetapi mempunyai dua radius pembentuk lingkaran, yaitu lingkaran atas dan lingkaran bawah, sehingga besaran radius bagian atas dan bagian bawah bisa dibuat tidak sama ukurannya.

Parameter pembentuknya adalah :

Radius 1     : menentukan besaran lingkaran bagian       pertama           

Radius 2      : menentukan besaran lingkaran bagian kedua

Haight          : menentukan ukuran tinggi objek

Cap Haight  : menentukan jumlah segmen pada tinggi objek

Sides            : menentukan jumlah vertex pada lingkaran              

4)            Teapot



Teapot merupakan fasilitas objek yang menghasilkan bentuk teko, dengan parameter pembentuknya adalah :

       Radius        : menentukan besaran objek teapot

       Segments   : menentukan tingkat kehalusan objek

Modeling teapot terdiri atas 4 macam bagian objek yang sudah terbentuk yaitu : body, handle, spout, dan lid.

 

 

 

 

5)            Cylinder



Cylinder merupakan fasilitas objek yang menghasilkan bentuk tabung tertutup, dengan parameter pembentuknya adalah :

       Radius        : menentukan besaran jari-jari dari objek

       Height         : menentukan ukuran ketinggian tabung

       Height Seg : menentukan jumlah segmen pada tabung

       Cap Seg      : menentukan jumlah segmen pada tutup tabung

       Sides           : menentukan jumlah vertex pembentuk  lingkaran

       Smooth       : menentukan tingkat kehalusan pada permukaan objek

                                   

 

4.         Langkah Langkah Percobaan.

 

a.    Install aplikasi 3DS Max kemudian buka program aplikasi tersebut.

b.    Buatlah gambar meja dan kursi.

 



Gambar Tampak Atas

 



Gambar Tampak Depan

 



Gambar Tampak Samping

 



Gambar Perspektif

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS 4

TUGAS 5