PERCOBAAN 7
PERCOBAAN
7
3DS
MAX
1. Tujuan
: Agar Bintara Mahasiswa
menguasai program 3DS Max.
2. Alat
dan Bahan :
a)
Laptop; dan
b)
3DS Max.
3. Dasar
teori :
a. Pengertian-pengertian.
1)
3DS Max
3D Studio Max adalah
sebuah perangkat lunak grafik vektor 3-dimensi dan animasi, ditulis oleh
Autodesk Media & Entertainment dulunya dikenal sebagai Discreet and
Kinetix. Perangkat lunak ini dikembangkan dari pendahulunya 3D Studio fo DOS,
tetapi untuk platform Win32
YANG berbasis
Windows. Merupakan software aplikasi 3 dimensi yang banyak
digunakan dalam pembuatan film animasi 3 dimensi maupun finishing object (rendering/hasil
akhir kerja 3ds MAX) baik untuk keperluan
film, iklan, arsitektural (interior dan exterior
design secara realistik dan aktratif), dan kegunaan lainnya yang
berhubungan dengan pembuatan objek animatif. Hasil akhir 3ds MAX adalah file dalam
bentuk JPEG (single) maupun AVI (animation). Animasi dan efek 3
dimensi (pengaturan cahaya, animasi kamera, tekstur, dan pemilihan material)
memberikan kesan riil pada objek yang dibuat.
Keunggulan lain yang dimiliki 3ds MAX Mampu memberikan kesan material mendekati aslinya seperti
material kayu, batuan, dan tanah. Mampu memberikan efek-efek khusus pada hasil
akhir produk seperti efek cahaya dan bayangan, efek atmosfir seperti api, kabut
dan lighting.
1) Box
Box merupakan fasilitas untuk membentuk kubus/kotak yang dihasilkan oleh
parameter :
Length : menentukan ukuran
Panjang
Width : menentukan ukuran
lebar
Height : menentukan ukuran
tinggi
Length segs : menentukan jumlah
segmen pada sisi panjangnya
Width segs : menentukan jumlah
segmen pada sisi lebarnya
Height segs : menentukan jumlah
segmen pada sisi tingginya
2)
Sphere
Sphere merupakan fasilitas
objek yang menghasilkan bentuk bola, dengan parameter pembentuknya adalah :
Radius : menentukan ukuran besaran objek yang menghasilkan bentuk
bola
Segments : menentukan jumlah segmen dari permukaan
bola
Smooth :
menentukan tingkat kehalusan pada permukaan bola
Hemisphere :
berfungsi mengatur pemotongan Sebagian dari objek bola
3)
Cone
Cone merupakan fasilitas objek
yang pada prinsipnya sama dengan Cylinder, tetapi mempunyai dua radius
pembentuk lingkaran, yaitu lingkaran atas dan lingkaran bawah, sehingga besaran
radius bagian atas dan bagian bawah bisa dibuat tidak sama ukurannya.
Parameter pembentuknya adalah
:
Radius 1 : menentukan besaran lingkaran bagian pertama
Radius 2 :
menentukan besaran lingkaran bagian kedua
Haight :
menentukan ukuran tinggi objek
Cap Haight :
menentukan jumlah segmen pada tinggi objek
Sides :
menentukan jumlah vertex pada lingkaran
4)
Teapot
Teapot merupakan fasilitas
objek yang menghasilkan bentuk teko, dengan parameter pembentuknya adalah :
Radius : menentukan besaran objek teapot
Segments : menentukan tingkat kehalusan objek
Modeling teapot terdiri atas 4 macam bagian objek yang sudah terbentuk
yaitu : body, handle, spout, dan lid.
5)
Cylinder
Cylinder merupakan fasilitas
objek yang menghasilkan bentuk tabung tertutup, dengan parameter pembentuknya
adalah :
Radius : menentukan besaran jari-jari dari objek
Height : menentukan ukuran ketinggian tabung
Height Seg : menentukan jumlah segmen pada tabung
Cap Seg : menentukan jumlah segmen pada tutup tabung
Sides : menentukan jumlah vertex
pembentuk lingkaran
Smooth : menentukan tingkat kehalusan pada
permukaan objek
4. Langkah
Langkah Percobaan.
a. Install aplikasi 3DS Max kemudian buka program
aplikasi tersebut.
b. Buatlah gambar meja dan kursi.
Gambar Tampak Atas
Gambar Tampak Depan
Gambar Tampak Samping
Gambar Perspektif
Komentar
Posting Komentar