PERCOBAAN
8
MEMBUAT
DRONE HEXACOPTER DENGAN MENGGUNAKAN 3DS MAX
1. Tujuan
: Agar Bintara Mahasiswa
menguasai program 3DS Max.
2. Alat
dan Bahan :
a)
Laptop; dan
b)
3DS Max.
3. Dasar
teori :
a. Pengertian-pengertian.
1)
3DS Max
3ds MAX adalah suatu program standar pembuatan modelling,
rendering dan animasi yang berbasis Windows. Merupakan software aplikasi
3 dimensi yang banyak digunakan dalam pembuatan film animasi 3 dimensi maupun finishing object (rendering/hasil
akhir kerja 3ds MAX) baik untuk keperluan film, iklan, arsitektural (interior dan exterior
design secara realistik dan aktratif), dan kegunaan lainnya yang
berhubungan dengan pembuatan objek animatif. Hasil akhir 3ds MAX adalah file dalam
bentuk JPEG (single) maupun AVI (animation). Animasi dan efek 3
dimensi (pengaturan cahaya, animasi kamera, tekstur, dan pemilihan material)
memberikan kesan riil pada objek yang dibuat.
Keunggulan lain yang dimiliki 3ds MAX adalah kemampuannya
dalam menggabungkan objek image, vector dan
tiga dimensi, serta langsung dapat menganimasikan objek
tersebut. Animasi tiga dimensi dapat diintegrasikan pada halaman
multimedia dan bisa berdiri sendiri sebagai sebuah movie.
2)
Box
Box merupakan fasilitas untuk membentuk kubus/kotak yang dihasilkan oleh
parameter :
Length : menentukan ukuran
Panjang
Width : menentukan ukuran
lebar
Height : menentukan ukuran
tinggi
Length segs : menentukan jumlah
segmen pada sisi panjangnya
Width segs : menentukan jumlah
segmen pada sisi lebarnya
Height segs : menentukan jumlah
segmen pada sisi tingginya
3)
Sphere
Sphere merupakan fasilitas
objek yang menghasilkan bentuk bola, dengan parameter pembentuknya adalah :
Radius : menentukan ukuran besaran objek yang menghasilkan bentuk
bola
Segments : menentukan jumlah segmen dari permukaan
bola
Smooth :
menentukan tingkat kehalusan pada permukaan bola
Hemisphere :
berfungsi mengatur pemotongan Sebagian dari objek bola
4)
Cone
Cone merupakan fasilitas objek
yang pada prinsipnya sama dengan Cylinder, tetapi mempunyai dua radius
pembentuk lingkaran, yaitu lingkaran atas dan lingkaran bawah, sehingga besaran
radius bagian atas dan bagian bawah bisa dibuat tidak sama ukurannya.
Parameter pembentuknya adalah
:
Radius 1 : menentukan besaran lingkaran bagian pertama
Radius 2 :
menentukan besaran lingkaran bagian kedua
Haight :
menentukan ukuran tinggi objek
Cap Haight :
menentukan jumlah segmen pada tinggi objek
Sides :
menentukan jumlah vertex pada lingkaran
5)
Teapot
Teapot merupakan fasilitas
objek yang menghasilkan bentuk teko, dengan parameter pembentuknya adalah :
Radius : menentukan besaran objek teapot
Segments : menentukan tingkat kehalusan objek
Modeling teapot terdiri atas 4 macam bagian objek yang sudah terbentuk
yaitu : body, handle, spout, dan lid.
6)
Cylinder
Cylinder merupakan fasilitas
objek yang menghasilkan bentuk tabung tertutup, dengan parameter pembentuknya
adalah :
Radius : menentukan besaran jari-jari dari objek
Height : menentukan ukuran ketinggian tabung
Height Seg : menentukan jumlah segmen pada tabung
Cap Seg : menentukan jumlah segmen pada tutup tabung
Sides : menentukan jumlah vertex
pembentuk lingkaran
Smooth : menentukan tingkat kehalusan pada
permukaan objek
7)
Hexacopter
Hexacopter biasa disebut dengan drone. Dalam
dunia teknologi, hexacopter mempunyai beberapa fungsi seperti dalam bidang
militer, digunakan untuk pemotretan wilayah musuh, wilayah konflik atau untuk
memata-matai musuh. Sedangkan untuk keperluan sipil, hexacopter digunakan untuk
pemetaan daerah terpencil, pemantauan gunung berapi, pemantauan kemacetan atau
pengambilan citra daerah pasca bencana tsunami. Sistem hexacopter terdiri dari
perangkat keras (6 motor propeller, 6 ESC, Odroid XU4, GPS Compas, Telemetri,
Ardu Pilot Mega jenis 2.5, Remote Control 14 SG Futaba), perangkat lunak
(program inisialisasi) dan komunikasi (frekuensi radio dan WiFi). Namun
demikian, hexacopter mempunyai keterbatasan yaitu pada saat diterbangkan masih
butuh campur tangan manusia.
4. Langkah
Langkah Percobaan.
a. Install aplikasi 3DS Max kemudian buka program
aplikasi tersebut. Tampilan awal dari program aplikasi ini adalah sebagai berikut.
b. Buatlah gambar drone hexacopter menggunakan tipe
object yang sesuai.
Gambar Tampak Atas
Gambar Tampak Depan
Gambar Tampak Samping
Gambar Perspektif
Komentar
Posting Komentar