PERCOBAAN 8

MEMBUAT DRONE HEXACOPTER DENGAN MENGGUNAKAN 3DS MAX

 

 

1.         Tujuan                       :  Agar Bintara Mahasiswa menguasai program 3DS Max.                                

 

2.         Alat dan Bahan       : 

 

a)    Laptop; dan

b)    3DS Max.

 

3.         Dasar teori               :

 

a.         Pengertian-pengertian.

 

1)            3DS Max

 

3ds MAX  adalah suatu program standar pembuatan modelling, rendering dan animasi yang berbasis Windows. Merupakan software aplikasi 3 dimensi yang banyak digunakan dalam pembuatan film animasi 3 dimensi maupun finishing object (rendering/hasil akhir kerja 3ds MAX) baik untuk keperluan film, iklan, arsitektural (interior dan exterior design secara realistik dan aktratif), dan kegunaan lainnya yang berhubungan dengan pembuatan objek animatif. Hasil akhir 3ds MAX adalah file dalam bentuk JPEG (single) maupun AVI (animation). Animasi dan efek 3 dimensi (pengaturan cahaya, animasi kamera, tekstur, dan pemilihan material) memberikan kesan riil pada objek yang dibuat.

Keunggulan lain yang dimiliki  3ds MAX adalah  kemampuannya  dalam  menggabungkan  objek  image,  vector dan  tiga  dimensi,  serta  langsung  dapat menganimasikan objek  tersebut. Animasi tiga dimensi  dapat  diintegrasikan pada halaman multimedia dan bisa  berdiri sendiri sebagai sebuah movie.

2)            Box

 

Box merupakan fasilitas untuk membentuk kubus/kotak yang dihasilkan oleh parameter :

Length           : menentukan ukuran Panjang

Width              : menentukan ukuran lebar

Height            : menentukan ukuran tinggi

Length segs  : menentukan jumlah segmen pada sisi panjangnya

Width segs    : menentukan jumlah segmen pada sisi lebarnya

Height segs   : menentukan jumlah segmen pada sisi tingginya

 

3)            Sphere

Sphere merupakan fasilitas objek yang menghasilkan bentuk bola, dengan parameter pembentuknya adalah :

Radius          : menentukan ukuran besaran objek yang menghasilkan bentuk bola

Segments     : menentukan jumlah segmen dari permukaan bola

Smooth          : menentukan tingkat kehalusan pada permukaan bola

Hemisphere  : berfungsi mengatur pemotongan Sebagian dari objek bola

 

4)            Cone

Cone merupakan fasilitas objek yang pada prinsipnya sama dengan Cylinder, tetapi mempunyai dua radius pembentuk lingkaran, yaitu lingkaran atas dan lingkaran bawah, sehingga besaran radius bagian atas dan bagian bawah bisa dibuat tidak sama ukurannya.

Parameter pembentuknya adalah :

Radius 1     : menentukan besaran lingkaran bagian       pertama           

Radius 2      : menentukan besaran lingkaran bagian kedua

Haight          : menentukan ukuran tinggi objek

Cap Haight  : menentukan jumlah segmen pada tinggi objek

Sides            : menentukan jumlah vertex pada lingkaran              

5)            Teapot

Teapot merupakan fasilitas objek yang menghasilkan bentuk teko, dengan parameter pembentuknya adalah :

       Radius        : menentukan besaran objek teapot

       Segments   : menentukan tingkat kehalusan objek

Modeling teapot terdiri atas 4 macam bagian objek yang sudah terbentuk yaitu : body, handle, spout, dan lid.

 

 

 

 

6)            Cylinder

Cylinder merupakan fasilitas objek yang menghasilkan bentuk tabung tertutup, dengan parameter pembentuknya adalah :

       Radius        : menentukan besaran jari-jari dari objek

       Height         : menentukan ukuran ketinggian tabung

       Height Seg : menentukan jumlah segmen pada tabung

       Cap Seg      : menentukan jumlah segmen pada tutup tabung

       Sides           : menentukan jumlah vertex pembentuk  lingkaran

       Smooth       : menentukan tingkat kehalusan pada permukaan objek

 

7)            Hexacopter

Drone Hexacopter Isolated On White Background With Clipping Path Stock  Photo, Picture And Royalty Free Image. Image 85978388.

Hexacopter biasa disebut dengan drone. Dalam dunia teknologi, hexacopter mempunyai beberapa fungsi seperti dalam bidang militer, digunakan untuk pemotretan wilayah musuh, wilayah konflik atau untuk memata-matai musuh. Sedangkan untuk keperluan sipil, hexacopter digunakan untuk pemetaan daerah terpencil, pemantauan gunung berapi, pemantauan kemacetan atau pengambilan citra daerah pasca bencana tsunami. Sistem hexacopter terdiri dari perangkat keras (6 motor propeller, 6 ESC, Odroid XU4, GPS Compas, Telemetri, Ardu Pilot Mega jenis 2.5, Remote Control 14 SG Futaba), perangkat lunak (program inisialisasi) dan komunikasi (frekuensi radio dan WiFi). Namun demikian, hexacopter mempunyai keterbatasan yaitu pada saat diterbangkan masih butuh campur tangan manusia.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.         Langkah Langkah Percobaan.

 

a.    Install aplikasi 3DS Max kemudian buka program aplikasi tersebut. Tampilan awal dari program aplikasi ini adalah sebagai berikut.

 

b.    Buatlah gambar drone hexacopter menggunakan tipe object yang sesuai.

 

Gambar Tampak Atas

 

Gambar Tampak Depan

 

Gambar Tampak Samping

 

Gambar Perspektif

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS 4

TUGAS 5